Manasik Haji

0
254

Tanggal  7 September 2019, Kelompok Bermain Biru (usia 3-4 Tahun)  KBIT Salman Al Farisi 3 mengikuti kegiatan manasik haji di GOR Pangkuan Sleman didampingi oleh ibu guru. Acara ini diadakan oleh HIMPAUDI kecamatan Mlati.

Dengan diadakannya manasik haji ini memperkenalkan anak  rukun islam yang kelima, diharapkan kegiatan ini bisa memberikan pengalaman langsung kepada anak-anak tentang ibadah haji dan umroh. Anak –anak sangat antusias mengikuti kegitan ini dan  mendapat teman baru dari berbagai Kelompok lain.

Rangkaian kegiatan manasik haji yang diikuti anak-anak  diawali dari mabit di muzdalifah disini anak-anak diminta untuk pura-pura tidur, dilanjutkan melempar jumroh anak-anak diminta untuk melempar kerikil-kerikil dari Koran kecil yang sudah dibawa dari rumah, lalu tahalul dimana anak-anak diberikan pemahaman untuk menyembelih qurban dan menggunting sedikit rambut.

Kegiatan selanjutnya ialah tawaf disini anak-anak diminta untuk mengelilingi miniature ka’bah sebanyak tujuh kali dengan terus melafalkan kalimat talbiyah dilanjutkan dengan sholat di makam Nabi Ibrahim dan meminum air zam-zam. Diakhir kegiatan  anak-anak sa’I dengan berlari-lari kecil dari safa ke marwa.

Menurut salah satu guru yang mendampingi anak-anak dalam manasik haji ini mengatakan bahwa “ Alhamdulillah, kegiatan manasik haji ini memberikan manfaat untuk anak-anak  khususnya untuk pembelajaran ibadah haji sebagai rukun islam yang kelima, anak-anak pun terlihat senang dan semangat mengikuti kegiatan tersebut”.

Semoga dengan adanya kegiatan manasik haji anak-anak bisa mengenal ibadah dari rukun islam yang kelima  dan menjadi suatu doa untuk anak-anak agar kelak mereka bisa melaksanakan rukun islam ke lima yaitu ibadah haji. Aamiin aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Demikian kegiatan kami sampai bertemu di kegiatan selanjutnya, kami ucapkan jazakumullah khairan kepada TIM HIMPAUDI MLATI yang sudah mengadakan kegiatan ini, Ibu guru yang sudah mendampingi, anak-anak yang mengikuti, dan  wali murid yang berkenan mengantar dan menunggui anak-anak.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here